Kamis, 09 Juli 2015

Jaringan 5G Mampu Bawa Kecepatan hingga 20 Gbps

GENEVA - International Telecommunication Union alias ITU, sebuah organisasi yang meregulasi sistem radio dan telekomunikasi tingkat internasional, menilai, sistem jaringan komunikasi masa depan berbasis 5G akan memiliki kecepatan akses hingga 20 Gbps.Hal itu disampaikan dalam konferensi yang dihelat oleh ITU pada 10-12 Juni lalu.

Sebanyak 12 orang delegasi yang tergabung dalam acara itu menjabarkan spesifikasi dan kemampuan yang akan dibawa oleh jaringan 5G di masa depan nanti. Sebagai catatan, akses 20 Gbps merupakan kecepatan maksimal yang mampu dicapai oleh jaringan 5G secara teoritis.



Realitanya, dimungkinkan 5G akan mencapai kecepatan puncak dengan skala yang lebih rendah. Saat ini, standar LTE tercepat adalah jaringan LTE Cat 9, yang menyediakan kecepatan maksimal hingga 300 Mbps. Itu pun masih jauh dari kecepatan secara teoritis yang mampu dicapai oleh jaringan 4G yakni 1 Gbps.

Dijelaskan lebih jauh, kecepatan 20 Gbps apabila dipraktikan ke dalam kehidupan sehari-hari, sama artinya pengguna nantinya akan mampu mengunduh film beresolusi ultra high definition (UHD) hanya dengan waktu satu detik.

ITU berharap jaringan 5G dapat dikomersialisasikan pada 2020. Jaringan tersebut juga dipersiapkan untuk menyambut era Internet of Things (IoT). Seperti dilansir Phone Arena, Minggu (22/6/2015).


Ditambahkan oleh ITU, standar jaringan komunikasi generasi kelima itu diharapkan mampu menjangkau satu juta perangkat IoT dalam radius satu kilometer dengan kecepatan rata-rata 100 Mbps.

Dikutip dari : techno.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar