Kamis, 30 Oktober 2014

DASAR WHILE PADA PHP

While merupakan salah satu struktur kontrol untuk perulangan. Perulangan while akan mengecek suatu kondisi di awal blok syntax. Jika kondisi bernilai benar maka akan terjadi perulangan terus menerus sampai kondisi bernilai salah.
Perulangan adalah suatu bentuk penulisan kode yang ringkas di dalam menangani suatu langkah yang berulang. Contoh yang sederhana, pengulangan dapat dipakai untuk menampilkan 100 atau bahkan sampai 1000 tulisan “PHP”. Apabila tidak ada pengulangan, hal itu bisa dilakukan dengan menuliskan 100 atau 1000 pernyataan seperti berikut echo (“PHP<br>”);

Walaupun hal itu bisa dilakukan dengan copy-paste tetap saja cara seperti itu tidak praktis. Syntax penggunaan struktur kontrol While adalah sebagai berikut :


While ( Kondisi ) {
Blog Pernyataan;
}


Jika dalam tanda {} hanya terdapat satu pernyataan, tanda tersebut dapat dihilangkan

Awalnya kondisi dalam while diperiksa, jika bernilai TRUE (benar), pernyataan yang mengikuti kondisi while akan dieksekusi dan kondisi diperiksa lagi. Selama kondisi masih bernilai “benar”, maka bagian pernyataan akan dijalankan terus. Begitu kondisi bernilai FALSE (salah) pernyataan while akan berakhir. Kita dapat membatasi perulangan tersebut dengan kondisi yang kita tetapkan sendiri, atau dengan memberikan jumlah perulangan yang kita ingin lakukan.


  •  PERULANGAN BERURUT 
Kita ingin menampilkan tulisan “PHP” sebanyak 5 kali dengan urutan bilangan dari 1 sampai dengan 5. Contoh berikut merupakan contoh penggunaan bentuk perulangan berurut pada PHP.



Untuk menampilkan tulisan “PHP” yang berulang, tentunya terdapat script dibalik itu semua. Berikut adalah script PHP yang bisa anda tulis pada text editor. Disini saya menggunakan Sublime Text 3.


Penjelasan script :

$bilangan=1; à Merupakan dimulai dari angka berapakah tulisan tersebut. Disini saya menggunakan angka 1 untuk memulai angka terhadap perulangan kata. 
 $word=”PHP”; à Merupakan kata/tulisan yang akan diulang.  
While ($bilangan<=5) à coding pendeklarasian perulangan. Artinya $bilangan lebih kecil atau sama dengan 5. Itu artinya output angkanya adalah dari 1, 2, 3, 4, dan termasuk 5.  
“$bilangan.$word<br>”; à echo adalah sintak dasar php yang berguna untuk mencetak atau menampilkan suatu variabel atau script tertentu pada browser. Dan jika kita jalankan pada browser maka tampilannya adalah 1.PHP. mengapa demikian? Karena kedua variabel tersebut sudah berada pada coding echo dan diberi tanda titik diantara variabel tersebut. Sedangkan <br> adalah Tag untuk mengganti baris ke baris baru. 
$bilangan++ à Operator inkremen/dekremen berfungsi untuk menambah atau mengurangi nilai variabel dengan satu. Operator inkremen dituliskan dengan menambahkan tanda tambah (+) sebanyak dua buah disamping kiri atau kanan variabel, sedangkan operator dekremen dituliskan dengan menambahkan tanda kurang (-) sebanyak dua buah disamping kiri atau kanan variabel. Artinya variabel $bilangan jika ditampilkan, maka akan bertambah 1. Misalnya bilangan dimulai dari 1, maka otomatis selanjutnya akan ditambah 1 menjadi 2, dan seterusnya sampai dengan 5.


 • PERULANGAN YANG DIBALIKKAN

Contoh diatas juga dapat dibuat menjadi urutan mundur dari 5 sampai 1 seperti tampilan dibawah ini :

Berikut script dari contoh tersebut:


Agar urutan tersebut dapat dibalikkan mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil, nilai variabelnya diubah menjadi dari angka yang terbesar. Disini saya mengubah nilai variabelnya menjadi 5. Dan mengubah operator <= menjadi >=


Mengapa operator tersebut dibalikkan? Itu artinya agar nilai variabel $bilangan lebih besar atau sama dengan 1 dan menampilkan hitungan mundur. Maka output angkanya adalah 5, 4, 3, 2 dan termasuk 1.

Sedangkan $bilangan++ diubah menjadi $bilangan-- karena operator dekremen dituliskan dengan menambahkan tanda kurang (-) sebanyak dua buah disamping kiri atau kanan variabel. Artinya nilai variabel $bilangan jika ditampilkan, maka akan berkurang 1. Misalnya bilangan dimulai dari angka 5, maka otomatis selanjutnya akan dikurang  1 menjadi 4, dan seterusnya sampai dengan angka 1.

PERULANGAN GANJIL

Perulangan ganjil adalah dimana angka tersebut diulang dengan urutan ganjil. Seperti contoh dibawah ini :



Dan berikut adalah script dari contoh tersebut:



Pada script diatas terdapat $angka=$angka+2; yang artinya nilai dari variabel $angka ditambah 2. Jika urutan dimulai dari 1 maka akan ditambahkan dengan 2. Sehingga outputnya adalah 1, 3, 5, 7,9, 11, 13, sampai 15.

0 komentar:

Posting Komentar