Sabtu, 18 Oktober 2014

TUGAS 6 - ARSITEKTUR APLIKASI BASIS DATA

1. Jelaskan secara singkat definisi dari DBMS, RDBMS, dan perbedaan keduanya.         

  • DBMS (Data Base Management System) diciptakan untuk menyediakan mekanisme penyimpanan data bersama, baik bagi user-user maupun program-program. Tugas utama bagi DBMS adalah untuk menyediakan fungsi pendefinisian data bagi user untuk mengakses dan merubah data yang tersimpan. Di luar fungsi utamanya, DBMS juga dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mengamankan data dari user yang tidak berkepentingan, perbaikan bagi kegagalan sistem, concurrency : sehingga user yang banyak jumlahnya tersebut dapat mengakses database pada waktu yang bersamaan, dan melakukan pengecekan integritas sehingga data pada bagian yang berbeda dari suatu database dapat tetap konsisten secara logika terhadap keseluruhan database. Sehingga dapat di tarik definisi umum bahawa DBMS adalah kumpulan program-program (software) yang memperbolehkan user untuk membuat dan memelihara database. Contoh dari DBMS adalah Oracle, MySQL, PostgreSQL, dan lain-lain.





  • RDBMS (Relational Data Base Management System) adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya. RDBMS adalah sebuah sistem yang secara otomatis menyatukan semua DBMS yang saling berhubungan. RDBMS biasanya menggunakan 4th Generation Languange (4GL) dan sangat fleksibel sehingga data dapat dimodifikasi dengan mudah, demikian pula dengan struktur databasenya. RDBMS tumbuh dari suatu teori yang pertama kali dikembangkan oleh E.F Codd (IBM, 1969). Model relasi CODD ini digunakan untuk menciptakan sebuah sistem secara formal sebagai media penyimpanan data yang memisahkan representasi data secara internal dari akses dan representasi / perwujudan logikanya. Kekuatan RDBMS terletak pada kemampuannya untuk menyembunyikan detail dari penyimpanan data dari pengguna database dan cara penggunaanya yang lebih mudah baik bagi pembangunan aplikasi / programmer, maupun bagi pemakai akhir (end user). Hal ini didukung pula dengan penggunaan Structured Query Languange (SQL) sebagai sumber dari semua RDBMS.


Perbedaan DBMS dan RDBMS :
  • DBMS   =  diciptakan untuk menyediakan mekanisme penyimpanan data bersama, baik user-user            maupun program-program.
  • RDBMS = sistem yang secara otomatis menyatukan semua DBMS yang saling berhubungan.

2. Sebutkan berbagai jenis perangkat lunak DBMS baik yang bersifat commersil maupun open source.
    • Commersil :
    • Firebird

      Firebird adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management System) yang bersifat open source. Awalnya adalah perusahaan Borland yang sekitar tahun 2000 mengeluarkan versi beta dari aplikasi database-nya InterBase 6.0 dengan sifat open source. Namun entah kenapa tiba-tiba Borland tidak lagi mengeluarkan versi InterBase secara open source, justru kembali ke pola komersial software. Tapi pada saat yang bersamaan programmer-progammer yang tertarik dengan source code InterBase 6.0 tersebut lalu membuat suatu team untuk mengembangkan source code database ini dan kemudian akhirnya diberinama Firebird.
    • Oracle
      Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut:
      - Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)
      - Menangani manajemen space dan basis data yang besar
      - Mendukung akses data secara simultan
      - Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
      - Menjamin ketersediaan yang terkontrol
      - Lingkungan yang terreplikasi
                  Oracle merupakan DBMS yang paling rumit dan paling mahal di dunia, namun banyak orang memiliki kesan yang negatif terhadap Oracle. Keluhankeluhan yang mereka lontarkan mengenai Oracle antara lain adalah terlalu sulit untuk digunakan, terlalu lambat, terlalu mahal, dan bahkan Oracle dijuluki dengan istilah “ora kelar-kelar” yang berarti “tidak selesai-selesai” dalam bahasa Jawa. Jika dibandingkan dengan MySQL yang bersifat gratis, maka Oracle lebih terlihat tidak kompetitif karena berjalan lebih lambat daripada MySQL meskipun harganya sangat mahal.
    • Microsoft SQL Server

       Microsoft SQL Server adalah perangkat lunak relational database management system (RDBMS) yang didesain untuk melakukan proses manipulasi database berukuran besar dengan berbagai fasilitas. Microsoft SQL Server merupakan produk andalan Microsoft untuk database server. Kemampuannya dalam manajemen data dan kemudahan dalam pengoperasiannya membuat RDBMS ini menjadi pilihan para database administrator.
    • Sybase
    • Teradata
    • Open Source:
      • PostgreSQL

        Postgresql atau sering disebut 'postgres' termasuk dalam kategori object-Relational database management system (ordbms). Ordbms adalah dbms yang selain menggunakan prinsip-prinsip basis data relational, juga menggunakan pendekatan berorientasi obyek dalam model basis datanya.
        Postgres dikembangkan sebagai freesoftware, dan bersifat terbuka (open-source), sehingga tidak dikendalikan oleh satu atau dua perusahaan.
        Kelebihan Postgres dibandingkan dbms lainnya adalah: sifatnya yang free dan open-source, dukungan dokumentasinya yang luar biasa, fleksibilitasnya dan fitur-fiturnya yang tidak kalah dengan dbms komersial. Selain mendukung model data object-relational, postgres juga mendukung penggunaan basis data spasial (biasanya untuk penggunaan Sistem informasi geografis). Postgres, juga mendukung operasi multi-user dan multi-threaded, bahkan mungkin lebih bagus dari mysql dari sisi keamanan.
        Seperti halnya mysql dan microsoft sql server, kita dapat berinteraksi dengan basis data pada postgres menggunakan perintah-perintah disisi klien dengan tool yang disebut psql. Antar muka yang bersifat gui juga telah banyak dikembangkan, diantaranya phppgadmin, pgadmin, dan lain-lain.


      • MYSQL
            MySQL merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (bahasa inggris : data management system) atau DNMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public Licenci (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL . Tidak seperti Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan cipta untuk code sumber dimiliki oleh penulisnya masing masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah : david axmark, allan larsson, dan Michael “monthy widenius.
    3. Jelaskan secara singkat perbedaan antara DDBMS, CDBMS, dan Paralel DBMS.

    • DDBMS adalah suatu sistem database yang dirancang untuk keperluan penyimpanan data yang sangat besar dan ditempatkan di berbagai server atau workstation dalam suatu jaringan computer. Dari setiap server database masing-masing dapat menggunakan data yang ada didalamnya dengan cara mendistribusikan data yang di request.
    • Centralized Database manajemen Sistem (CDBMS) Pada sistem ini semua proses utama dan fungsi sistem manajemen basis data sepert user application programs dan user interface programs berada secara terpusat di satu komputer berkecepatan dan kapasitas tinggi (main frame). pengguna mengakses basis data menggunakan terminal komputer. Arsitektur DBMS telah mengikuti trend sejalan dengan kemajuan arsitektur sistem komputer.  Permulaan arsitektur DBMS dimulai dgn  bentuk Arsitektur DBMS Terpusat (Centralized DBMS Architecture). Pada arsitektur ini digunakan komputer main  frame yg menyediakan semua proses utama  seperti fungsinya pada DBMS (user application programs & user interface programs). Bentuk arsitektur terpusat ini menggambarkan pengaksesan terminal- terminal komputer (client) pada komputer server, berupa display informasi dan kontrol saja, karena pada terminal komputer tidak memungkinkan memiliki resource yang lebih. Seiring perkembangan teknologi dan turunnya harga hardware, banyak terminal user digantikan dengan PC, akan tetapi DBMS masih ditempatkan terpusat (Application program execution & user interface processing ditempatkan pada satu mesin). Gambar dibawah ini menjelaskan  Arsitektur Centralized Database manajemen Sistem (CDBMS).
    • DBMS Parallel adalah DBMS yang berjalan pada multiple prosesor dan disk yang didesain untuk mengeksekusi operasi dengan paralel, bila mungkin, untuk meningkatkan performa, untuk memperbaiki kinerja dari DBMS. Paralel DBMS menghubungkan beberapa mesin yang berukuran kecil untuk menghasilkan keluaran sebuah mesin yang berukuran besar dengan skalabilitas yang lebih besar dan keandalan dari basis datanya. Untuk menopang beberapa prosesor dengan akses yang sama pada satu basis data, DBMS paralel harus menyediakan manajemen sumber daya yang dapat diakses bersama.
    4. Jelaskan secara singkat istilah berikut:
        - Back End
        - Front End
        - ODBC
        - Level dalam aplikasi DBMS

    • Back End adalah istilah halaman belakang pada situs bersistem CMS ( Content Managemen System ). Memungkin seseorang untuk masuk sebagai administrator dan melakukan perubahan informasi dalam website mereka . Untuk memiliki tingkatan halaman yang aman , setidaknya halaman Back-end dilindungi dengan https dan juga SSL yang akan membuat enskripsi menjadi aman , dan juga password adminisrator yang berformat MD5. Dengan memiliki Halaman Back-end akan memudahkan seorang user untuk meng-update situs mereka.
    • Front End adalah sebuah media tatap muka yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan data yang ada dalam sebuah sistem. Frond-end lebih mengarah kepada sebuah layanan umum yang memungkinkan semua orang dapat menerima atau memberikan informasi kepada banyak proses yang dilakukan.
    • ODBC adalah sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Standar ini menyediakan API yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengoneksikan sebuah aplikasi dengan sebuah sistem manajemen basis data (SMBD). Para desainer ODBC membuatnya dengan tujuan agar ODBC terbebas dari penggunaan bahasa pemrograman tertentu, sistem manajemen basis data tertentu, dan sistem operasi tertentu.
    • Level dalam aplikasi DBMS
                    -  Level fisik merupakan level yang paling bawah. Pada level ini memperlihatkan                                     bagaimana sesungguhnya data disimpan.

                    - Level Konseptual Level ini menggambarkan bagaimana sebenarnya basis data disimpan                      dan berhubungan dengan data lainnya.

                     - Level View Level abstaraksi ini hanya menunjukkan sebagian dari basis data.  Pada                           umumnya pengguna tidak melibatkan secara langsung sehingga pengguna hanya melihat                      data sesuai dengan yang dibutuhkan.

    0 komentar:

    Posting Komentar