Jumat, 04 Oktober 2013

Komponen-komponen dan Desain Input/Output dalam Pengelolaan Informasi


Komponen/unsur yang harus ada dalam pengolahan informasi:
  • ·        Hardware
Hardware atau  dalam bahasa indonesianya  disebut  juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

  • ·        Software
 Software atau disebut juga perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.

  • ·        Brainware
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.

  • ·        Data
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data juga berarti kumpulan file atau informasi dengan tipe tertentu, baik suara, gambar, atau lainnya.

  • ·        User
User merupakan Pengguna. Biasanya ditujukan kepada pengguna suatu sistem yang umumnya adalah manusia. Misalnya pengguna komputer.


  • ·        Prosedur
Prosedur adalah tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan.
  
  •  Desain Input
Desain Input adalah rancangan terhadap masukan sebelum diproses komputer, rancangan input diperlukan untuk mempermudah memasukkan data maupun membaca datanya. Rancangan input antara lain adalah:

-        Elemen Data
Elemen data dipilah menjadi FieldRecord, dan File.
*Field
   Field adalah sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter (byte). Setiap field memiliki nama field yang menggambarkan jenis data yang harus dimasukkan ke dalam field.

*Record
  Record adalah kumpulan field-field yang berhubungan. Masing-masing record menyimpan data hanya sekitar satu entitas, yang bisa erupa orang, tempat benda dan peristiwa atau gejala.

*File
  File adalah kumpulan record-record yang saling berhubungan. File banyak digunakan karena ia merupakan kumpulan data atau informasi yang diperlakukan sebagai satau unit oleh komputer.

-        Format Data
Bentuk format data yang akan digunakan.

-       Coding System
Sistem peng-kodean kedalam bentuk program.

-        Dokumen Input dan Media Input
Dokumen input adalah formulir atau dokumen sumber, yang datanya akan diinputkan ke dalam sistem informasi.
Media input adalah hardware di sistem komputer yang secara fisik dapat di jamah dan digunakan untuk memasukkan data dan instruksi.

-        Volume/Frekuensinya
Banyak dan sering tidaknya input dimasukkan karena rancangan ini dapat mempengaruhi proses yang akan digunakan.

-        Security (keamanan)
Tingkat keamanan sehingga data yang dimasukkan dapat dipercaya keasliannya.


  •      Alat/Media Input

-        Secara Langsung
Alat yang langsung dihubungkan ke CPU. Misalnya keyboardmouseOMR, dan OCR.

* CPU
    CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.

* Keyboard
   Keyboard adalah alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU).

* Mouse
   Mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel.

* OMR
   Optical Mark Reader (OMR) adalah perangkat “membaca” tanda pensil bulatan yang discan dalam bentuk kompatibel NCS bentuk seperti survey atau jawaban test.

* OCR
   OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner.


-        Secara Tidak Langsung
Alat input yang tidak dihubungkan langsung ke CPU. Misalnya Key To Card (KTC)Key To Tape (KTT), dan Key To Disc (KTD).

* Key To Card (KTC)
    Alat untuk memasukan data.Operator memasukan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu kedalam bentuk media punched card(kartu plong).

* Key To Tape (KTT)
   Alat ini memungkinkan operator untuk merekamkan data ke media penyimpanan luar pita magnetic sebelum diproses ke CPU.

* Key To Disc (KTD)
   Seperti key to card, maka key to disk memungkinkan operator untuk merekam data lebih dulu ke media simpanan luar, misalnya disket. Data yang disimpan dalam disket dibaca di CPU lewat Flopy Disk Drive.




Dalam Input ada 3 proses data, yaitu :
1.     Data Capture
Pengambilan data atau mendapatkan data.
2.     Data Preparation/penyiapan data
Mengubah data capture ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine readable form).
3.     Data Entry/pemasukan data
Proses memasukkan data ke dalam komputer.


  • ·       Desain Processing (rancangan proses/pemrosesan)

-        Tahapan processing
-        Kalkulasi
Kalkulasi adalah proses yang disengaja untuk mengubah satu masukan atau lebih ke dalam hasil tertentu, dengan sejumlah pengubah.
-        Sorting, Matching, Updating
-        File (detail, summary)
Kumpulan informasi yang berhubungan dan  tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file mempunyai beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari character, numeric, dan binary ada juga file yang bertipe program.
-        Editing
Editing adalah pekerjaan memotong-motong dan merangkai (menyambung) potongan-potongan gambar sehingga menjadi film berita yang utuh dan dapat dimengerti.
-        Reporting
-        Back Up
Backup adalah membuat salinan dari file-file penting.


  • ·       Desain Output (desain pengeluaran)

-        Media Output
-        Elemen Data
-        Layout/bentuk/format
Layout atau tata letak merupakan satu keputusan yang menentukan efisiensi sebuah operasi dalm jangka panjang.
-        Squence
Suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan interaksi-interaksi antar objek di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu.
-        Frekuensi
Frekuensi ialah benyaknya getaran gelombang yang terjadi dalam waktu satu detik.
-        Security
Security system adalah suatu system atau mekanisme yang dirancang sedemikian rupa yang digunakan untuk mengamankan sebuah perangkat hardware atau software pada sebuah computer.
-        Validasi
Validasi metoda analisis adalah suatu tindakan penilaian terhadap parameter tertentu, berdasarkan percobaan laboratorium.

  • ·       Media Output
a)    Hardcopy
Berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol2) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (keras) spt kertas atau film.
-Kertas

-Microfilm
Microfilm adalah alat yang digunakan untuk memperkecil bentuk fisik arsip sampai ukuran 8 atau 16 mm yang bertujuan untuk mnghemat ruangan dan mengawetkan arsip.

b)    Softcopy
Berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol2) serta image (grafik atau gambar) pada media soft (lunak) berupa signal elektronik.
-Monitor
Monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut.
c)     Lainnya (hasil dari suatu proses dan dapat dibaca oleh mesin)
-Kartu


-Disk

0 komentar:

Posting Komentar